kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Perbedaan Gelatik wingko jantan dan Betina ( Gelatik batu )

Perbedaan Gelatik wingko jantan dan Betina ( Gelatik batu )

perbedaan-gelatik-wingko-jantan-dan-betina





   Burung gelatik sekarang sudah tidak lagi muda kita jumpai disekitar kita, kicauanya dialam bebas yang bening telinga sudah tidak lagi dapat kita nikmati. Hal ini dikarenakan nasibnya burung gelatik yang terus diburu dan di perjual belikan, sehingga populasinya terus berkurang bahkan hilang sudah sekarang. Burung gelatik bersarang pada pohon yang berlubang sepeti lobang bekas sarang burung platuk, lobang alami dari pohon rapuh, bahkan saya pernah memberi bambu yang saya lubangi lalu saya taruh di atas pohon dia mau menempati. Padahal itu merupakan gelatik liar yang saya beri tempat sarang dari bambu mau menempati, apa lagi gelatik yang ditangakarkan tentu lebih mudah. Gelatik biasa bertelur 3-7 butir telur setiap produksi, tentu tidak jumlah yang sedikit ya. Sarang biasa terbuat dari rambut, lumut, serabut lembut,dan bulu-bulu halus. Sekarang sudah banyak yang bisa menangkarkan burung gelatik dalam sangkar penangkaran, itu berarti kesempatan punahnya semakin menipis. Mengingat banyak peternak gelatik yang sukses dan bilang tidak terlalu sulit, selain itu jumlah produksinya yang banyak.

  Burung gelatk di daerah jawa barat semakin populer, pernah dengar berita jika burung gelatik sudah ada yang ikut lomba, bahkan ada kelasnya sendiri yang khusus gleatik bukan lagi kelas campuran. Penilaian tentunya dari isian variasinya, volume, dan panjang ngerolnya. Untuk membedakan gelatik wingko jantan dan dewasa tidaklah sulit, warna dada pada jantan sepeti memakai dasi yang tebal dari leher dan garis kebawah hitam sampai anus. Sedangkan bentuk dasi hitam pada burung betina hanya tipis dan garis hitam hanya sampai bawah  perut.

berikut contoh gambar perbedaan gelatik jantan kiri dan betina kanan
Perbedaan-gelatik-wingko-jantan-dan-betina
                                                                   sumber : omkicau


Jantan
* Bulu hitam pada dada terlihat tebal, tegas dan bergaris sampai bawah ekor pun hitam tebal
* Postur tubuh lebih ramping dan memanjang
* Kepala atas terkesan datar dan bulu lebih mengkilap
* Cara bertengger cederung lebih tegap

Betina
* Bulu hitam pada dada terlihat tipis dan garis kebawah samar-samar biasa putus di bawah perut.
* Postur tubuh lebih pendek dan bulat
* Kepala atas terkesan bulat
* Cara bertengger cenderung lebih menunduk

Untuk gelatik wingko yang masih trotolan atau anakan ciri-cirinya kurang lebih sama, hanya saja warna bulu hitam pada anakan terlihat lebih kusam ke abu-abuan tidak semengkilap gelatik yang sudah dewasa.


Semoga bermanfaat ,



Dilarang meng copas artikel diatas tanpa menyertakan sumber.

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.