kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , » Perbedaan Jalak Suren dan Jalak Uren

Perbedaan Jalak Suren dan Jalak Uren






   Jalak uren dan jalak suren ternyata memliki perbedaan, beda namanya, beda asalnya, beda fisiknya dan juga beda pula harganya. Burung jalak dikenal dengan suaranya yang kasar dan rajin bunyi, burung ini bisa dibilang sebagai pengganti anjing. Jalak uren selalu berkicau kencang tidak karuan jika melihat orang asing, itu sebabnya jalak uren bisa dibilang penjaga rumah karena bisa menjadi alarm dirumah kita. Harga jalak uren jawa lebih mahal jika dibandingkan burung jalak suren, berikut langsung saja kita bahas perbedaan jalak suren dan jalak uren.

Jalak suren (malaysia)
Jalak suren, merupakan burung yang berasal dari kepulauan kalimantan, sumatra, dan malaysia. Burung yang mudah jinak serta mudah menyesuaikan dengan lingkungan manusia, alhasil burung jalak cepet berbunyi. Jalak suren dominan berbunyi ngerol dengan suara asli mereka, biasanya burung jalak suren jarang yang jinak, sebab jalak suren yang ada dipasaran merupakan burung jenis burung tangkapan hutan. jika untuk dijadikan burung masteran, jalak suren lebih cocok sebab dominan dengan lagu ori bawaanya yang ngerol dan kasar. Untuk menu makananya serangga, cacing, serta buah-buahan seperti pepaya atau pisang.

Jalak uren
Jalak uren adalah burung asli jawa, beberapa tahun lalu sempat mengalami kepunahan. Kabar baik nya sekarang jalak uren sudah bisa kita temui dipasaran dari pertolongan hasil budidaya para breeder. Jalak uren jantan dan betina memiliki perbedaan variasi suara, uren betina lagunya lebih dominan ngerol ori lagu jalak, tetapi untuk uren jantan mereka bisa menirukan lagu-lagu burung lain (isian). Jalak uren bisa dibilang lebih cerdas dari jalak suren. Jalak uren jantan kadang bisa menirukan suara manusia bila sering mereka mendengarkan kata yang mereka ikuti, bisa juga menirukan suara orang batuk. Biasanya burung jalak uren jawa lebih dianggap burung klangenan, dengan lagu isian serta lebih jinak sebab sekarang diperoleh dari hasil penangkaran. Untuk menu makanan jalak uren tidaklah berbeda dengan jalak suren, mereka juga memakan serangga, cacing, dan buah- buahan.

      Ciri-ciri jalak uren dan jalak suren :

Jalak uren
* Bulu kepala bagian atas hitam sampai pangkal paruh atas serta rapi seperti pakai minyak rambut.
* Warna paruh putih gading, semakin tua warna putih semakin bersih, jika muda ada semburat hitamnya.

Jalak suren
* Bulu kepala memiliki warna bulu putih di tengah kepala atas sampai pangkal paruh.
* Warna paruh lebih berwarna orange kemerahan.

Tips memilih jalak uren supaya tidak tertipu pedagang nakal yang menyemir bulu putih jalak suren menjadi hitam, pehatikan warna parunya saja, sebab bila kepalanya di semir hitam, warna paruh ini tetap tidak bisa diakalin. Warna paruh uren tetap berwarna putih gading dan tidak orange kemerahan.

Untuk yang ingin mempelajari ciri perbedaan jalak jantan dan betina bisa kunjungi lanjutan postinga saya disini


Semoga bermanfaat ,
Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.