kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Burung Kemade Citbang atau biasa disebut talokan

Burung Kemade Citbang atau biasa disebut talokan

burung-kemade-citbang-atau-biasa.html




     Burung talokan mempunyai banyak nama sebutan antara daerah satu dengan yang lainya, ada yang menyebut talokan, citbang, kemade, madehan, cabean atau burung cabe. Hal itu karen burung tersebut memiliki warna merah terang dikepala hingga punggung pada burung jantan dewasa. Ada yang menyebut kemadehan atau kemade karna burung ini sering hinggap pada tumbuhan kemadehan (kemadehan adalah sebutan bahasa jawa pada tumbuhan benalu). Burung ini biasa memakan biji benalu dan bisa membantu penyebaran tumbuhan benalu antara pohon satu dengan lainya. Selain memakan biji benalu, burung cabe juga memakan buah jambu biji, talok, serangga, dan jika dirawat biasa diberi makan pisang. Tapi perawataan dari tangkapan hutan burung ini harus diajari makan pisang dengan memaksa meloloh dengan memberi pakan pisang paling tidak 1-3hari agar terbiasa makan pisang.
      Beberapa waktu ini mulai banyak pecinta burung jenis ini, mungkin karena harga belinya yang murah dan terjangkau bagi pemula yang ingin belajar merawat burung. Selain itu memelihara burung yang jarang digemari orang lain, sedangkan kita bisa merawat hingga gacor merupakan kepuasan tersendiri bagi yang merawat. Menu makanan pun juga mudah dan irit, cukup pisang kepok satu saja dipotong menjadi 2 bagian tidak akan habis dalam sehari dan minum cukup air putih biasa.
     Habitat burung ini banyak ditemui di kota maupun di perkampungan, biasa menghampiri  pohon talok, ataupun benalu pada pohon besar lainya. Bersarang menggantung pada ranting pohon lebat berbentuk lonjong dan bulat pada bagian bawah. Bahan sarang terbuat dari kapas randu dibagian dalam, dibalut serat halus dan bagian luar dirajut dengan bekas sarang laba-laba dan bekas sarang ulat. Dalam masa produksi biasa nya menghasilkan 2 butir telur, dengan lama masa pengeraman kurang lebih 14hari untuk telur bisa menetas. Untuk jumlah populasi masih mudah dijumpai di sekitaran pemukiman. Biasa digunakan sebagai burung masteran karena suara tembakan yang kasar dan melengking.

1 komentar:

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.