kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Ciri dan Sebab burung Cendet (Pentet) Over Birahi

Ciri dan Sebab burung Cendet (Pentet) Over Birahi

   Cendet atau pentet merupakan salah satu jenis burung yang masuk dalam lomba dan memiliki kelas sendiri. Suara yang tajam dan pandai menirukan suara burung-burung lain dan suara disekitar sangat cepat, tidak heran jika burung cendet digemari oleh para kicaumania. Tetapi bagi pemula tidaklah mudah merawat burung cendet untuk bisa main nagen atau nancep dan mengeluarkan suara-suara andalanya pada saat digantangkan pada arena lomba. Selain faktor karakter burung, tentu untuk bisa main nancep kita meski bisa dan mengenali salah satunya yang membuat cendet tidak mau nacep pada saat digantangkan. Salah satunya adalah masalah OB atau over birahi, hal ini sering sekali menjadi momok yang bikin kicaumania pusing dan terus berfikir seperti apa cara untuk menanganinya. Mari kita bahas apa saja ciri-ciri cendet yang mengalami Over Birahi.

Ciri-ciri perilaku Cendet over birahi :
  • Burung cendet menjadi lebih galak, terkesan ingin menyerang siapa saja yang mendekati sangkarnya, entah orang lain ataupun perawat burung itu sendiri sekalipun.
  • Perilaku burung menjadi agresif, dan membuat pemilik merasa emosi karena burung sering melompat kesana kemari, naik turun tenggeran, ngruji dan mematuk matuk ruji dan menggembungkan bulu, serta tidak mau nancep pada saat berkicau.
  • Sering menarik-narik bulu ekornya seperti di gigit-gigit, tetapi untuk menarik atau menggigit bulu ekor hanya dilakukan beberapa burung cendet, tergantung karakter bawaan burung itu sendiri.
Kondisi yang terjadi pada kasus diatas sangatlah mengganggu tentunya pada saat burung mau diturunkan pada arena lomba. Sebab selain hanya lompat-lompat saja, intensitas berkicaunya menjadi berkurang pada saat penilaian lomba, bahkan bisa saja diam tidak berkicau hanya ngruji dan terbang pindah tenggeran dan ruji. Untuk penyebabnya apa saja cendet menjadi over birahi ditentukan banyak faktor, seperti :
  • Kadar protein yang terlalu tinggi dalam voer ataupun EF yang dikonsumsi burung. Seperti voer lele mungkin, atau kadar EF yang berlebihan dari settingan biasanya.
  • Kurang teraturnya perawatan, bisa kurang mandi tetapi sering dijemur bisa membuat over birahi. Sebab panas matahari pagi bisa meningkatkan birahi pada burung-burung kicau, tetapi kurang dijemur juga membuat burung kurang sehat. Jadi semua harus bisa seimbang dalam perawatanya.
  • Burung sering melihat burung cendet yang lain jenisnya
Berikut diatas merupakan beberapa saja faktor yang membuat cendet mengalami Over Birahi, untuk tips cara menurunkan cendet yang mengalami over birahi bisa anda cek kesini.

Semoga bermanfaat,

1 komentar:

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.