kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Cara Mengatasi Cendet Penter Over Birahi

Cara Mengatasi Cendet Penter Over Birahi

       Karena burung cendet suka sekali memakan EF jenis serangga kroto, jangkrik, ulat, atau cacing dan serangga jenis lainya, burung cendet memang suka memakan serangga yang mengandung protein. Perlu kita ketahui bahwa kekurangan protein membuat burung lesu dan kurang gacor/ rajin berbunyi, tetapi jjika EF diberikan terlalu berlebihan juga membuat burung over birahi dan suka meloncat loncat dari tenggeran dan tidak mau berkicau nagen atau nancep pada tenggeran. Jadi perlu dimengerti jika semua pemberian dan perawatan juga harus seimbang supaya burung bisa sesuai yang kita harapkan untuk rajin berkicau. Sebelumnya sudah kita bahas tentang ciri perilaku dan penyebab burung cendet over birahi, jadi sekarang mari kita bahas tentang cara mengatasi dan menurunkan birahi burung cendet yang over birahi. Cara mengatasi burung cendet yang mengalami OB antara lain :
  • Kurangi pemberian porsi EF seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto.
  • Jika memang voer berprotein tinggi seperti pelet ikan lele maka usahakan untuk sett ulang dengan voer yang kadar proteinya lebih rendah. Sebab voer pelet lele memang memiliki kadar protein tinggi, tetapi jika mengalami kelebihan bisa membuat OB/ over birahi.
  • Kurangi intensitas waktu penjemuran pada burung, cukup 30-45menit saja setiap harinya.
  • Menambah intensitas mandinya, jika memang biasa mandi sehari sekali bisa menjadi 2atau 3 kali sehari jika perlu. Bisa juga mencoba menerapkan mandi malam, dipercaya untuk burung yang mengalami OB, mandi malam dibilang cukup mujarab untuk menurunkanya.
  • Memberikan ulat bumbung, sebab ulat bumbung dipercaya dingin dan bisa mengurangi over birahi pada cendet ataupun kacer.
  • Usahakan untuk tidak bertemu dengan burung cendet lain pada saat masa penurunan birahi dilakukan.
  • Bisa menambah waktu krodong antara jam 10pagi-jam 3sore dengan memasteri burung, supaya burung tidak keterbiasaan dengan loncat-loncat tenggeran dan ngruji.

Berikut beberapa cara yang sering dicoba untuk menurunkan Over birahi yang sering dialami para kicaumania. Semoga bisa membantu mengatasi masalah dan bisa memberikan suatu solusi bagi burung anda yang sedang mengalami masalah seperti yang kita bahas. 

Semoga bermanfaat,

Baca juga :
Cara mengatasi kacer ngebagong atau ngebalon


Perawatan Lovebird Sebelum Lomba


Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

1 komentar:

  1. ok gan thank folow back ya
    http://kegiatanmenulist.blogspot.com/2014/09/cara-mengobati-penyakit-ambiyen.html

    ReplyDelete

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.