kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Burung Prenjak Jali

Burung Prenjak Jali




burung-prenjak-jali-jantan-betina-gacor-muda-trotol-perawatan-makanan-settingan-masteran-brem-nembak-mp3-gambar
     
        Prenjak jali atau biasa disebut burung ciblek lebih dikenal dengan sebutan prenjak jali di daerah jawa timur. Suara burung prenjak jali khas dengan tembakan yang sangat kencang, hal ini membuat para pecinta burung mejadikan burung ini untuk burung masteran. Selain suaranya tembakan yang khas, burung ini juga bisa dimasteri untuk mendapatkan variasi yang bagus dalam tembakan atau brem rapat, sebab burung ini selain dipakai untuk burung masteran juga sudah ada kelas lombanya sendiri. Untuk prenjak jali  masuk dalam kelas ciblek, bisa dicampur dengan ciblek gunung tapi ada juga yang memang khusus kelas prenjak jali itu sendiri. Tapi kondisi habitat dialam bebas burung prenjak jali  sudah bisa dibilang langka, atau susah ditemui di sekitar pemukiman. 

     Habitat burung ini sangat menyukai tempat yang sejuk dengan banyak rumput atau alang-alang lebat dan dekat dengan aliran sungai. Hidup dengan cara soliter atau sendiri, sebab burung ini sangat fighter, jangankan kalau bertemu lawan yang sejenis, dengan suara kasar yang mengagetkan saja bisa membuat burung ini bunyi karena merasa terganggu. Burung prenjak jali biasa bersarang menggantung pada daun, biasa burung ini merajut sarang pada daun jati, nangka, mangga, walaupun tidak menutup kenungkinan bersarang pada daun lainya. Bahan sarang nya dibuat dari rumput kecil halus, yang dibalut dengan bekas sarang laba-laba dan menjadikan kapas lembut dari pohon randu sebagai bagian dalamnya. Biasa bertelur satu hingga empat butir, biasa sering dijumpai 3butir atau 2butir dalam sekali produksi. Lama waktu mengerami  antara 12 sampai dengan 16 hari telur akan menetas.

     Untuk perawatan burung ini juga sama dengan burung prenjakkepala merah, selain perawatan harian menu pakan juga sama, sebab sama-sama pemakan serangga. Untuk membedakan antara burung prenjak jali jantandan betina bisa baca dengan klik dihalaman berikut. Untuk burung lomba biasa dimasteri lagu brem yang rapat dan panjang. Usaha burung dimasteri tentunya supaya saat dilombakan burung jagoan bisa mengeluarkan lagu brem yang rapat dengan suara keras yang panjang. Walaupun dalam kelas lomba tidak seramai burung kicau jenis lainya, tapi burung prenjak jali atau ciblek ini tetap selalu ada yang menggantang. Bahkan wadah komunitas burung ini juga sudah besar atau banyak peminatnya pada media sosial yang sering di gunakan bersilaturahmi,  berbagi perawatan settingan serta berbagi pengalaman antara satu dengan yang lainya.

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.