kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Perawatan Lovebird Lomba

Perawatan Lovebird Lomba

perawatan-lovebird-lomba






         Love bird burung import yang awalnya hanya menjadi burung masteran karena suaranya yang kasar dan panjang, kini telah memiliki kelas lomba sendiri. Kelasnya sekarang menjadikan para pecinta lovebird berburu burung-burung yang memiliki nafas panjang. Tidak hanya suara saja, variasi warna indahnya juga menjadikan harganya yang beragam. Untuk memiliki lovebird yang berpotensi bagus seperti irama vokal yang panjang, volume yang kuat, dan variasi suara yang unik tidak lah mudah. Hal itu lah yang menarik dari memelihara lovebird dalam kalangan kicau mania dan menarik di mata para juri-juri di dalam lomba. Selain vokal, variasi lagu, serta panjangnya tarikan lagu lovebird "mental" merupakan hal penting yang harus di perhatikan. Burung bagus tapi tidak mempunyai mental apa lah artinya? hanya akan menjadikan burung rumahan.

Hal yang harus diperhatkan dalam melatih lovebird adalah :
* KEKUATAN NAFAS
* KEMAMPUAN OLAH VOKAL
* PEMOLESAN MENTAL YANG BAGUS

KEKUATAN NAFAS
> Melatih nafas bisa dilakukan dengan cara memasukan burung dalam kandang umbaran, supaya burung bisa bergerak lebih bebas. Hal ini dilakukan agar lemak dalam tubuh tidak tertimbun, ibarat atlet sering berolah raga maka otomatis akan memiliki fisik yang lebih baik.
> Sering dimandikan semprot hingga benar-benar basah, dengan sayap yang basah maka burung lebih berat untuk melakukan gerakan terbang ataupun melompat, dengan beban itu maka setidaknya memberikan tekanan yang kuat pada fisiknya
> Penjemuran yang cukup juga harus diperhatikan, jemur di terik mata hari kuat-kuat akan menjadikan nafasnya ngos-ngosan. Tapi harap diperhatikan jangan menjemur melebihi jam 10 siang, kasian nanti burungnya kering terus mati ntar :D .

KEMAMPUAN OLAH VOKAL
> Memaster suara burung lain akan menjadikan nilai plus pada lovebird, dengan catatan speed dan tarikan yang panjang juga harus diperhatikan. contoh ( Cililin, belalang kecek, Ciblek, Tengkek )

PEMOLESAN MENTAL YANG BAGUS
> Sering mengajak burung jalan-jalan akan medongkrak mentalnya, ajak saja ketempat yang ramai seperti pasar burung, atau tempat latihan burung. Burung yang sering diajak jalan-jalan ketempat ramai secara alami akan menjadikan mentalnya lebih dan tidak kaget jika diharapkan untuk kontes.
> Biasa dilatih diketemukan lawan, supaya burung terbiasa bertemu burung lain.


Berikut tips metode dalam perawatan lovebird untuk mecetak burung bagus, tidak ada hal instan yang membuahkan hasil maksimal. Semua kesuksesan sempurna tetap melalui proses, dari mengenali karakter burung, dan memperhatikan cara perawatan serta menu makanan. Jadi kalau kita perlu instan beli saja burung jadi, namun demikian burung yang bagus kalau salah dalam perawatan juga tidak bisa tampil sempurna. Mengenali karakter burung kita sendiri secara cermat itu hal yang penting.


Semoga bermanfaat ,

sumber : om kicau

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.