kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

perbedaan-pleci-jantan-dan-betina


        Burung pleci, ya burung yang kecil, pandai, imut, dan pastinya murah dikalangan semua masyarakat. Burung yang hidup secara berkoloni dan pandai menirukan suara burung-burung lain ini sudah memiliki kelas lomba tersendiri. Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang cara peraawatan burung pleci agar cepat bunyi/gacor, jika belum membaca bisa anda baca disini. Sebelum memahami perbedaan mana burung pleci jantan dan mana betina, hendaknya anda memikirkan untuk apa burung pleci pilihan anda. Jika sebelumnya anda pernah memelihara pleci dari bakalan tentu ada yang cepat bunyi ada pula yang lama, hal ini ditentukan dari faktor mental burung dan paruh burung. Burung pleci yang memiliki paruh yang besar, panjang, dan tebal pasti memiliki suara yang kencang dan lantang. Jenis pleci yang seperti itu pasti akan lama untung berbunyi, tapi biarpun membutuhkan waktu lama untuk segera berbunyi burung ini justru cocok untuk lomba. Sebab memiliki suara lantang dan kencang. Bandingkan dengan pleci yang memiliki paruh tipis dan pendek, burung pleci yang memiliki ciri-ciri seperti itu akan lebih cepat berbunyi rajin, tapi minusnya suara kurang lantang atau volumenya kurang. Jadi semua pilihan anda jika ingin pleci rumahan anda bisa memilih pleci yang memiliki paruh tipis dan pendek, sebab lebih rajin berbunyi meski volumenya kurang.

       Setelah anda baca artikel diatas pasti bisa kan mengira-ngira untuk apa calonya bakalan/bahan pleci yang anda pilih natinya. Berikut sedikit tips memilih pleci yang bagus :
* Pilih pleci yang memiliki badan panjang paruh besar, kepala besar, serta leher panjang dan kekar.
* Pilih bahan yang sayapnya merapat kuat serta perhatikan jangan sampai ada kecacatan.
* Perhatikan burung yang anda pilih lincah serta sehat
* Pilih lah jika ada pleci yang memiliki dada kuning serta iris mata putih. burung jenis ini lebih cepat menirukan suara burung lain, serta memiliki mental yang jauh lebih bagus. Mau anda membeli yang jenis pleci apa aja teserah anda. yang penting usahakan syarat diatas dipenuhi.

Perbedaan pleci jantan dan betina :
Ciri-ciri Pleci jantan:
* Bila dilihat dari pangkal ekor, bentuk bulu ekor sampai ujung membentuk huruf V.
* Lingkaran putih pada mata 2x lipat lebih tebal dari betina
* Bentuk tubuh lebih terlihat elips atau memanjang, bukan terlihat bulat.
* Bila ingin mengecek dari pen, burung janta memiliki tonjolan ke yang kedepan.

Ciri-ciri Pleci betina:
* Bila dilihat dari angkal ekor sampai ujung, maka bulu ekor membentuk huruf  M
* Lingkaran putih pada mata lebih tipis.
* Bentuk tubuh bulat dan gepak/pendek.
* Bila di cek dari pen, anus betina memiliki tonjolan kecil namun kebelakang, tidak ke depan.

Nah silahkan anda mau pilih pleci dengan kelamin yang mana itu terserah anda pastinya. Sebab ada pula kan yang mencari pleci kelamin betina untuk mengecas pejantan agar lebih rajin bunyi. Sebab banyak usaha yang dilakukan para pecinta pleci sebelum kontes, ada yang menyiapkan mengecas dengan betina, ada yang mengecas bareng-bareng, ada yang di isolasikan dari pleci betina, ada yang di kasih ulat, aneh aneh pokoknya. Maka dari itu merawat burung pleci itu tidak mudah sebab kurang birahi salah, terlalu birahi malah loncat indah di sangkar pas kontes. Pengenalan karakter burung peliharaan kita lah yang menjadikan kunci kesuksesan tersebut.

Cara merawat burung pleci

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.