kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , » Cara Mengatasi Kacer Mbagong atau Ngebalon

Cara Mengatasi Kacer Mbagong atau Ngebalon






    Bagi kicau mania pecinta burung kacer tentu tidak lagi merasa asing medengar kata kacer bagong, mbalon, atau mbedesi. Hal itulah yang membuat kicau mania pecinta kacer menjadi stres atau malah menganggap tantangan untuk menemukan settingan yang pas pada harian atau pun lomba. Sebab karakter mbagong sebenarnya di miliki semua kacer, karena hal yang wajar. Tetapi untuk menemukan setelan yang tepat adalah kunci agar momongan bisa moncer didalam suatu lomba. Karena selain lagu andalan variasi suara kacernya, juga mesti memperhatikan setelan kacer supaya tidak mbagong. Otomatis kacer mbagong hanya lompat-lompat tangkringan dan mengembangkan bulunya dan hanya berbunyi cer cer cer doang. Tidak perlu malu jika memiliki kacer yang mbagong saat lomba, karena itu hal wajar, tetapi yang anda fikirkan adalah bagaimana mencari setelanya yang benar dan apa penyebabnya.

   Banyak asumsi bahwa kacer mbagong tidak bisa dibenahi lagi, justru sebenanya itulah tantanga memelihara burung kacer. Kacer mbalon bisa disebabkan setelan EF yang kurang pas entah over birahi atau kurang birahi, kacer masih muda, kondisi fisik yang kurang fit, dan mandi kurang teratur. Sebelum menentukan pembenahanya seharusnya kita mencari penyebabnya kenapa mbalon bisa terjadi. Penemuan karaketer merupakan modal utama penyelesaian masalanya. Berikut sedikit tips cara mengatasi kacer mbagong yang bisa anda coba untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kacer mbalon atau mbagong :
* Kacer terlalu birahi
- Bisa anda coba dengan memberikan pepaya untuk menurunkan birahi burung kacer anda, karena selain bagus untuk metabolisme, pepaya bisa menurunkan birahi yang berlebihan.
- Mengurangi jatah EF, dengan mengurangi porsi takaran kroto, atau mengurangi jatah jangkrik yang biasa di berikan
- Melakukan mandi malam juga bisa menurunkan birahi kacer, orang kurang mandi juga pasti kurang seger kan. Selain kacer bisa terus menjaga keindahan bulunya lebih rapi juga bisa mengurangi birahi yang berlebihan
* Kacer kurang birahi
- Kurangnya birahi membuat kacer malas berbunyi dan drop saat digantangkan, bisa ditambahkan takaran kroto atau jumlahnya jangkrik ditambahkan dalam porsi makananya.
* Kacer kurang mental
- Kurang mental karena usianya yang masih muda tetapi sudah diturunkan dilapangan biasa mengalami mbagong karena mentalnya yang kalah tua dan drop dengan suara kerasnya lawan yang sudah matang.
- Kacer yang kurang diajak jalan-jalan dan kurang jam terbang, wajar jika mengalami hal itu. Sering digantangkan ditempat ramai, sering diajak jalan-jalan kepasar burung, sering diajak ke arena lomba meski tidak ikut lomba bisa di gantangkan sekitaran lapangan supaya terbiasa dengan keramaian.
* Kacer hoby mbagong
- Kacer yang suka mbalon karena hal hal tertentu seperti melihat murai, mendengar suara murai, atau hal lainya. Biasanya setingan kacer seperti ini satu sesi sebelum turun lapangan bisa di bikin bagong sampai benar-benar puas sebelum nantinya diturunkan, dengan tujuan pada saat digantangan sudah siap tempur dan tidak mbagong lagi. Jadi sebelum turun justru di dengarkan audio murai, atau dicas dengan murai. Hal ini berbeda-beda setelanya karena karakter burung sendiri juga berbeda tentunya.
Berikut cara settingan kacer supaya burung kacer bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Hal diatas ini biasa buat setingan kacer yang mbagong di awal lomba, karena kacer mbagong di awal lomba, di tengah lomba, atau di akhir lomba memiliki masalah yang berbeda penangananya. Jadi kita sendiri juga harus bisa memahami karakter burung kacer kita dan memahami cara penanganan lainya. Sebab selain hal diatas tentu masih banyak penyebab kacer mbalon dan cara mengatasinya itu ada di setingan anda sendiri, karena anda sendiri lah yang lebih memahami momongan anda.



Semoga bermanfaat,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.