kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , » Perbedaan Burung Mozambik Jantan dan Betina ( yellow fronted canay )

Perbedaan Burung Mozambik Jantan dan Betina ( yellow fronted canay )



Burung mozambik


   Burung mozambik merupakan burung jenis finch dan merupakan salah satu burung import yang sudah lumayan banyak ditangkarkan di indonesia. Mozambik masih satu keluarga dengan burung jenis kenari, memiliki sebutan green singing finch. Mozambik memiliki warna hijau, kuning dan jika dilihat sepintas mozambik memiliki corak yang mirip sekali dengan finch jenis brimstone, dan white bellied. Burung mozambik bisa dibilang mudah ditangkarkan, banyak juga peternak yang sudah berhasil, bahkan ber eksperimen dengan mengawin silang kan dengan burung finch jenis lainya seperti kenari, blackthroath, dan sanger. Dengan hasil persilangan dengan lain jenis, mungkin bisa membawakan kepuasan tersendiri bagi pecinta burung finch. Untuk menangkarkan burung mozabik hanya membutuhkan sangkar layaknya sangkar ternak buat kenari, kemudian tentunya dibutuhkan sepasang mozambik jantan dan betina.

Berikut cara membedakan burung mozambik jantan dan betina :
Jantan
* Warna bulu bagian dada lebih kuning terang
* Bagian leher tidak memiliki kalung bergaris hitam ke abu-abuan
* Memiliki kumis lebih pekat

Betina
* Warna bulu bagian dada kuningnya kusam ke abu-abuan
* Bagian leher memiliki garis yang seperti kalung
* Warna bagian kumisnya kurang pekat

Berikut salah satu contoh fisik yang bisa dilihat, jika di bedakan dari segi suara, burung mozambik jantan dan betina semua sama-sama bunyi. Burung kenari jantan bisa ngerol panjang dan ada sedikit kemiripan dengan lagu kenari, tetapi bagi burung mozambik betina bisa ngerol tetapi lagunta pendek serta memiliki volume yang tidak sekencang burun jantan. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah :
Perbedaan burung mozambik jantan dan betina




Nah berikut sekilas perbedaan antara burung mozambik jantan dan betina, semoga ada sedikit pandangan perbedaan setelah membaca dan melihat artikel diatas.
link terkait : Perbedaan sanger jantan dan betina





Semoga bermanfaat,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.