kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , , » Perbedaan Gold Finch Jantan dan Betina ( europa gold finch )

Perbedaan Gold Finch Jantan dan Betina ( europa gold finch )

 Burung Gold finch





         Burung gold finch merupakan jenis burung yang sangat agresif, atau bisa dibilang liar dengan dominan gerakan lebih aktif dari burung jenis lainya. Burung ini memiliki Genus Carduelis gold finch sebutan lain seperti Jilguero , Chardonneret, merupkan burung yang masuk daftar burung dilindungi, dengan penangkapan liar sehingga membahayakan kelangsungan hidupnya. Selain penangkapan liar, makanan yang mereka makan sudah terkontaminasi racun pestisida yang di semprotkan petani pada biji-bijian yang dia makan berlebihan. Hal itu memunculkan penangkar di eropa mengembangkan dan mengawin silangkan burung ini dengan jenis-jenis lainya. Burung gold finch belum begitu lama datang di indonesia, jadi masih memiliki harga yang mahal, serta baru beberapa orang saja di indonesia yang mulai belajar menangkarkanya. Untuk terus menjaga keindahan dan kecerahan warna bulunya harus memperhatikan makanan biji-bijian alternatif untuk selalu menjaga kecerahan warna bulunya. Faktor makanan lah yang kadang membedakan kecerahan warna indukan dan hasil anakanya kelak tidak secerah warna aslinya.

         Gold finch memiliki warna unik dalam kombinasi corak warna sehingga terlihat menarik, beberapa warna kombinasi seperti putih, coklat, kuning, merah, hitam yang menghiasi bulu-bulu indahnya. Pada burung jantan warna merah pada muka terlihat seperti topeng, ekornya yang agak mencabang hitam serta bergaris putih. Gold finch ini memiliki ciri khusus dengan bentuk paruhnya yang panjang dan runcing berwarna putih gading dan ujungnya terlihat kotor/gelap. Beberapa jenis persilangan jenis baru membuat warna kecerahan bulunya memudar terlihat kusam, namun jika melihat paruhnya kita akan bisa melihat perbedaan dengan jenis finch lainya, karena gold finch memiliki puluhan spesies tetapi jenis gold finch eropa adalah jenis yang paling dikenal. Untuk perbedaan antara jantan dan betina begitu sulit karena jika dilihat sepintas burung jantan dan betina terlihat sama. Perbedaan warna kelamin bisa di amati dari warna bulu dibagian paruh atas yang berwarna hitam meski hanya berbentuk garis pada burung jantan.

Berikut Perbedaan antara gold finch jantan dan betina :

Perhatikan gambar berikut dan bandingkan setelah membaca penjelasanya



Gold finch , europan, himalaya, gold finch mule, gold finch mayor, gold finch minor

Jantan :
* Bulu pangkal paruh memiliki bulu kumis berwarna hitam.
* Warna merah topeng pada alis kepalanya hingga melewati mata.
* Warna merah pada muka lebih tajam, tetapi warna coklat pada dada lebih memudar jadi putih.
* Warna hitam pada punggung cenderung lebih tegas, hitam pekat
* Siku ujung atas pada bagian sayap berwarna hitam

Betina :
* Bulu pangkal paruh memiliki bulu kumis berwarna putih/coklat.
* Warna merah topeng pada alis kepala hanya sampai setengah garis mata.
* Warna merah pada muka cenderung memudar, tetapi warna coklat pada dada lebih pekat.
* Warna hitam pada punggung sampai atas kepala lebih cenderung hitam ke abu-abuan
* Siku ujung atas pada bagian sayap berwarna abu-abu/putih

Contoh gambar gold finch betina (kiri) dan jantan (kanan):
http://kicaumaniaindonesion.blogspot.com
Contoh gambar perbedaan antara GF jantan dan betina lainya :


Untuk perawatan harian sepertinya lumayan gampang, gold finch biasa memakan biji-bijian serta sayuran layaknya jenis kenari. Paling hanya memberi tambahan sedikit kroto dan ulat hongkong sebagai tambahan protein sebagai pengganti serangga di dunia liarnya. Berikut sedikit penjelasan perbedaan antara burung gold finch jantan dan betina. Tetapi untuk menangkarkan burung jenis ini tampaknya sulit, orang-orang eropa sendiri meskipun sudah banyak yang berhasil, mungkin sekarang masih berlomba untuk terus menghasilkan produksi. Mungkin anda bisa mencoba merasakan sensasi kesulitanya juga untuk mencoba menghasilkan anakan dalam penangkaran, ya mesti juga untuk membeli burung ini, dan harganya juga membuat kantong bolong, tapi sepertinya bisa menjadi kesan tersendiri. Semoga artikel ini bisa memberi semangat dan membantu agan-agan sekalian yang ingin mencoba menangkarkan burung gold finch ini.



Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.