kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , » Burung Sulingan Tledekan

Burung Sulingan Tledekan

http://www.kicaumaniaindonesion.blogspot.com/

     Sulingan atau tledekan merupakan salah satu burung yang lumayan banyak digemari pecinta kicaunya karena suarnya yang kasar dan khas membuat para kicau mania tergoda olehnya. Di Indonesia khususnya burung sulingan memiliki penyebaran di pulau jawa dan sumatra. Burung sulingan menyukai habitat yang lembab, hutan tropis, hutan yang berdaun hijau, dan kebiasanya di sekitar habitatnya terdapat aliran sungai. Burung sulingan berkembang biak pada pohon, tebing, kadang hanya pada lereng tanah berongga yang hanya setinggi 2meter saja. Bahan sarang nya terbuat dari lumut, rumput, serabut pohon aren, atau serabut kuncup kelapa. Pada ranting pohon atau dahan bambu juga sering, yang jelas tergantung habitanya. Perkembang biakanya biasa pada musim penghujan antara bulan desember, januari, dan februari. Burung sulingan biasa makan serangga, hampir setiap hari burung yang di pelihara manusia tetap di berikan kroto dan jangkrik untuk mejaga asupan gizi dan kualitas rajin bunyinya.

     Burung sulingan merupakan burung petarung, mereka memiliki mental yang besar dan mudah naik darah apabila bertemu burung jenisnya, bahkan kadang ada yang berani melawan kacer, atau murai. Birahi burung sulingan sangat mudah naik jika bertemu lawan, tetapi untuk kesendirian biasa menaikan birahi dengan memerikan serangga seperti kroto dan jangkrik. Sulingan memiliki bentuk kepala seperti murai, hanya ukurn badanya lebih kecil dan warna bodi bagian atas pada burung jantan biru metalik. Warna bulunya menjadikan keindahan bulunya selain lantang nyanyian lagunya.

Tips memilih sulingan :
* Pilih sulingan yang berkelamin jantan tentunya.
* Lincah dan bernafsu makan besar
* Pilih yang memiliki pangkal paruh besar, paruh panjang dan tebal.ini mempengauhi volume pada suaranya.
* Kepala besar, mata melotot. biasanya memiliki mental yang TOP
* Leher panjang, padat dan berisi
* Sayap mengapit rapat
* Panjang tubuh yang proposional bila dilihat.

Untuk perbedaan sulingan jantan dan betina
Pada burungdewasa sangat terlihat jelas jika pada kepala, badan, sayap serta ekor berwarna biru terang. Berbeda dengan sulingan trotolan atau anakan, pada anakan yang masih memiliki bulu trotolan coklat. Jika masih trotolan pada burung sulingan jantan meskipun masih trotol coklat tetapi pada sayap dan ekornya sudah memiliki warna coklat kebiruan. Jadi tidaklah terlalu sulit untuk membedakan antara burung sulinganjantan dan betina.

Untuk perawatan harian burung sulingan tentu om semua sudah faham untuk perawatan burung.

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.