kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » , » Cara Melatih Merpati Pos ( racing pigeon )

Cara Melatih Merpati Pos ( racing pigeon )

cara-melatih-merpati-pos-racing-pigeon





      Merpati merupakan salah satu jenis unggas yang jinak serta familiar dengan manusia, sehingga banyak masyarakat yang memelihara burung ini. Menurut bapak Tody S, salah satu pecinta burung merpati asal jakarta mengatakan bahwa burung merpati di Indonesia sanggup menjelajahi 1.200 Kilometer kepakanya. Di Amerika serikat merpati pos sanggup menempuh hingga 1.800 Kilometer, tetapi jarak maksimal sesungguhnya bisa mencapai  4.000 Kilometer. Sungguh fantastis ya om ya, orang pergi sejauh itu aja pasti bingung hahaaha. Saat ini merpati pos termahal dipegang oleh om Ishak hadi dengan nama merpati Miss Gellin. Merpati om Ishak hadi sekarang ini dulu mampu menempuh jarak kisarang 1.200 dengan jarak tempuh dari Lombok, Nusa tenggara barat ke Jakarta, hingga akhirnya di take over dengan harga istimewa tersebut oleh Gunawan dari Bandung Jawa barat.
Sumber. Tempo

      Seberapa jauhnya merpati pos mendeteksi gelombang medan magnet yang dipancarkan oleh bumi disekitar kandangnya tergantung dari kemampuan merpati pos itu sendiri. Itu sebabnya kenapa merpati pos bisa kembali ketempat asalnya meski dilepas pada jarak yang jauh serta belum pernah mereka kunjungi. Dalam permainan merpati pos, faktor anatomi menjadi faktor kritikal syarat merpati long distance. Salah satu ciri burung merpati long disance adalah berat tubuh apabila dipegang terasa ringan, serta memiliki kriteria rongga mulut yang jauh lebih besar dari merpati lainya. Berikut cara untuk melatih merpati pos :

Pelatihan merpati pos muda
Pelatihan dasar merpati pos yang masih muda harus dilakukan pemiliknya sendiri, sebagai pelatih harusnya tau cara memberikan perintah agar merpati bisa taat. Dalam hal pertama kali memelihara merpati pos perlu dipehatikan bahwa merpati pos berbeda dengan merpati biasa. Daya ingat merpati pos sangat tajam, bila membeli merpati pos yang sudah indukan letakan dikandang sampai berkembang biak. Anakan merpati itulah yang kita latih, sebab kalau indukan yang baru kita beli yang dilatih malah tidak balik kerumah anda, tapi justru kembali ke pemilik sebelumnya. Hal ini sering dialami pelatih merpati yang masih pemula. Jadi yang perlu di latih anaknya saja, indukan bisa dipotong setelah menghasilkan anak atau terus di jadikan indukan dan diambil anakanya. Pengalaman teman saya memelihara merpati pos di kandang hingga berbuah anakan 1pasang, jika merpati biasa tentunya sudah rumah kan? tapi merpati pos tidak, justru indukan sepasang membawa anakanya minggat ketempat pemilik lama.

Untuk proses latihan, anda harus konsisten dan menjadwal hari latihan merpati anda, dengan mencoba melepaskanya semakin lama semakin jauh jarak tempuhnya, secara insting merpati yang anda lepas meskipun ke tempat yang belum mereka kunjungi mereka akan bisa kembali secepat mungkin dengan waktu yang mereka tempuh. Coba pertama kali di lepaskan dari arah yang sama secara berkoloni untuk pembelajaran sehinga mereka bisa berlatih sendiri nantinya sampai satu arah yang jauh kemudian dilatih dari arah yang berbeda supaya instingnya semakin terolah. Pelatihan merpati pos sendiri sebenarnya dilakukan bertujuan sebagai meningkatkan sistem navigasi yang sebenarnya sudah bawaan merpati itu sendiri sehingga perkembangan jarak latihan bisa meningkatkan kecepat merpati kembali ke kandang. Untuk menjadikan burung bagus selain melatih burung merpati untuk mengolah navigasi juga harus memperhaikan asupan makanan akan nutrisi serta vaksin untuk kesehatan burung anda.


Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.