kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Cara Merawat Burung Murai Batu

Cara Merawat Burung Murai Batu

cara-merawat-burung-murai-batu


Cara merawat harian untuk burung murai batu ,disini saya akan membedakan untuk jenis murai batu yang baru tangkapan hutan dan burung yang sudah mau voer,karena banyaknya peminat murai batu yang muda hutan dan mungkin masih ada para om om disini yang asih bingung cara ngevoerin burung murai ini. Karena banyak orang yang bilang gampang,tapi menurut saya susah-susah gampang. Kalau dibilang gampang,pasti saya sudah bisa mencetak banyak burung jawara. Jadi faktor perawatan,pemilihan bakalan,dan pemasteran variasi lagu menentukan sekali untuk kesuksesan mencetak burung kicauan. Pasti tidak mudah juga memilih bakalan muda hutan yang bagus yang seperti apa? dialam liar aja sudah susah ,gimana kita bisa memilih?hahahaa. ya semua itu tergantung anda sebagai peminat murai batu,mau milih yang muda hutan atau hasil tangkaran itu ndak masalah. walaupun cenderung banyak yang menggandrungi burung muda hutan,tapi burung hasil tangkaran menurut saya pribadi juga tidak kalah bagusnya.Buktinya banyak juga burung hasil tangkaran yang bisa menyabet gelar jawara.Ok langsung saya om,ini cara saya ,mau anda coba silahkan,ndak ya ndak masalah. Ilmu itu banyak,tapi kalau kita tidak mencoba juga ndak bakal bisa kan??

Cara merawat bakalan muda hutan
*.Pastinya kita memilih bakalan dulu sebelum merawat,Pilih bakalan yang sesuai spek anda,dari postur,kepala,mata,bentuk paruh,warna kaki,dsb.
*.Setelah dapat bahan,baru kita merawat,cara mengevoerkan yang pertama pasti tidak mungkin burung langsung dikasih voer. kasih dulu kroto full+jangkrik untuk memastikan burung mau makan dan sehat dulu.dan dikrodong ditempat terang sampai pagi
*.untuk hari pertama jam 6pagiburung di buka krodong,dikasih jangkrik 7ekor,dan voer lembut yang dilembutkan dengan air hangat dicampur kroto, dengan perbandingan 1:5 (1:voer   , 5:kroto)
*.setelah burung di kasih makan,usahakan jangan sampai dia merasa terganggu dulu,takutnya strees gak mau makan malah mati,tempatkan di tempat sepi/jauh dari orang dan terkena sinar mata hari pagi.
*.jam 9pagi burung diangin-anginkan sebentar lalu dikrodong dan di master burung lain sampai sore,usahakan pakai krodong tipis/tetap terkena sinar supaya dalam keadaan dikrodong tetap bisa makan.
*.Sore jam 4 buka krodong kembali dan kasih jangkrik lagi 7ekor dan diangin-anginkan
*.Apabila jangkrik tidak habis ,bisa dibantu dengan pemberian multivitamin tetes untuk diteteskan di minuman supaya burung tetap punya stamina
*.Sampai hari kedua pastikan burung mau makan voer+campuran kroto tersebut,jika sudah mau makan,coba kurangin takaran perbandingan voer dan kroto 2:4 voer dinaikan dan kroto sedikit dikurangin. tentunya dengan perawatan pagi-sore yang sama dengan hari kemarinya.
*.Hari ketiga kasih takaran voer dan kroto dengan perbandingan 3:3 (kroto dan voer takaran sembang)
dan terus menggunakan setelan 3:3 tersebut untuk hari-hari selanjutnya dan belikan voer kering dan lembut disampingnya. Jadi tanpa proses langsung,biarkan burung belajar dengan sendirinya.
*.Jika sudah mau makan voer keringnya berarti makanan voer dan kroto bisa dipisah,voer kering, kroto,dan jangkrik 7Ekor

Jika cara diatas sudah sukses berarti selamat anda sudah melewati masa kritis,anda jual lagi burung itu sudah untung,hehehe
Untuk perawatan burung selanjutnya untuk burung muda hutan selesai proses pengevoeran

Pagi
dikeluarkan,buka krodong dan dikasih jangkrik 5ekor,angin-anginkan diudara sejuk,sampai jangkrik dimakan habis,selanjutnya dikaramba/dimandikan semprot,masukan burung dikaramba,dan sedikit semprot hingga basah,maka selanjutnya burung pasti mau mandi sendiri dibak karamba.
Selesai dikaramba burung dipindah lagi kesangkar harian dan berikan kroto,lalu jemur sampai jam 9 pagi.

Siang
Jam 9 pagi burung diangin-anginkan lalu di krodong kemudian didekatkan dengan burung masteran atau stel kan mp3 suara burung masteran hingga sore.

Sore
Jam3 sore burung buka krakap dan masukan ke sangkar umbaran yang cukupan buat murai batu. Umbar burung dengan warktu minimal 1Jam setiap harinya.Kemudian setelah diumbar pindah kesangkar harian dan berikan jangkrik 5ekor saja,dan usahakan tidak diberi kroto.Kroto diberikan waktu pagi hari saja,serta mandi bak dan diumbar masing-masing 1x sehari saja.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi om sekalian ,jika ada salahnya mohon bimbinganya.


untuk cara membedakan burung murai asal sumatra dan kalimantan bisa klik disini dan jenis burung apa saja yang bagus buat memasterin murai batu bisa klik disini

Semoga bermanfaat ,

1 komentar:

  1. Pengganti jangkrik dan efeknya untuk merawat burung murai batu. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti jangkrik dan efeknya untuk merawat burung murai batu

    ReplyDelete

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.