kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Perbedaan Burung Manyar Jantan Dan Betina

Perbedaan Burung Manyar Jantan Dan Betina

 Burung Manyar Jantan


      Burung manyar merupakan burung yang berhabitat di hutan, padang rumput ,dan rawa. Burung ini sekarang sudah lumayan susah kita jumpai, karena habitatnya yang mulai terusik manusia. Burung ini merupakan burung yang hidup berkoloni atau berkelompok, bahkan 1 pohon biasa ditempati banyak pasangan untuk membuat sarang mereka. Biasanya 1 pohon besar dihuni koloninya atau ada yang sebagia disamping-sampingpohon tersebut dan tidak mungkin tinggal jauh diantara koloni tersebut. Apabila habitatnya mulai terusik burung ini pindah tempat untuk mencari tempat pindah yang lebih aman secara bersama-sama. Beruntungnya jaman saya kecil dulu masih bisa melihat dan memelihara dari sarang langsung. Namun sekarang sudah benar-benar sulit jika ingin menemui koloni manyar tersebut. Bahkan mau mencari burung anakan saja susah,paling dipasar burung ada tangkapan hutan.

       Burung manyar jantan biasa membuat sarang terlebih dahulu untuk menarik pasanganya sebelum melangsungkan perkawinan, bahkan jika betina tidak tertarik pada sarang yang dibuat oleh si pejantan manyar betina tidak mau melangsungkan perkawinan. Wihhh sok-sok an ya manyar cewek ini hahahaha.
Untuk memperbedakan manyar jantan dan betina relatif mudah menurut saya, meskipun banyak jenisnya tapi tetap memiliki perbedaan yang sama antara beberapa jenis manyar. Saya sampaikan sedikit pengalaman pribadi dari saya semoga dapat sedikit bermanfaat.
Perbedaan manyar jantan dan betina :

Jantan :
1.Manyar jantan yang sudah dewasa memiliki warna kuning seperti topi dikepala,atau seperti kuning kepala jenis finch lizard.
2.Warna bagian punggung lebih berwarna hitam lebih pekat
3.Warna bagian dada berwarna kning/putih bersih tergantung jenis manyar tersebut
4.Mempunyai warna paruh hitam pekat
5.Jika masih trotolan/muda pilihlah manyar yang mempunyai paruh berwarna coklat kehitaman, jangan memilih coklat keputihan/pink bisa dipastikan dari warna paruh untuk membedakan jenis kelaminya.

Betina :
1.Manyar betina dewasa hanya memiliki alis yang kuning,hanya di bagian alis saja kuning.
2.Warna bagian punggung lebih dominan coklat keputihan atau sama seperti warna bulu manyar trotolan/muda
3.Warna paruh putih dan hanya semburat kecoklatan saja.
4.Jika masih trotolan warna paruh putih atau pink,hanya sedikit garis-garis coklat.

tips :Jangan lupa melihat kaki manyar yang masih basah untuk melihat perkiraan usia manyar, soalnya manyar betina dewasa mirip dengan manyar jantan yang masih trotolan/muda. Jadi untuk memastikan usia bisa di kira-kira dari kaki yang kering/masih basah.

Untuk melihat macam-macam perawatan dan menu makanan serta EF bisa dilihat disini 
Jika ingin melihat kerabat manyar asal afrika jenis weaver bisa anda lihat disini



Semoga bermanfaat ,

1 komentar:

  1. manyar yg masih liar gimana menang kap juga merawat biar g stres

    ReplyDelete

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.