kicau mania indonesia

kicau mania indonesia
Home » » Masalah Kacer Lomba yang Sering Dijumpai

Masalah Kacer Lomba yang Sering Dijumpai






   Bagi para pecinta burung kacer, apa lagi kalangan lomba pasti tidak sedikit masalah-masalah yang di temui dan harus di tempuh demi mendapatkan kacer yang memuaskan. Untuk mengorbitkan kacer yang dimulai dari nol, pastinya banyak kendala yang harus di tempuh, itulah yang mungkin sebagai tantangan bagi para pecinta kicau khususnya kacer mania. Tapi masalah-masalah itu lah yang menjadi kunci meraih kesuksesan tentunya. Mari kita bahas masalah apa saja yang sering di temui dalam perawatan burung kacer.

Masalah yang sering dialami Pecinta burung kacer :

* Kacer Bagong/Mbalon
Untuk apa saja penyebab dan bagai mana cara mengatasi kacer mbagong/mbalon, bisa anda cek disini

* Kacer Sering Turun Tenggeran / Tangkringan
Bisa disebabkan burung telalu muda atau kondisi burung dalam tidak fit, selain masalah tersebut mungkin kacer anda memang hoby naik turun tenggeran, bisa anda coba dengan memberi ranjau karet pentil pada atas angsangan / dengan terapi ranjau bola. Dimana setiap kacer anda turun dari tenggeran kebawah maka dia akan memijak bola terperosok dan segera kembali balik ke tenggeran.

* Kacer Gampang rontok bulu
Disebabkan makan makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti voer lele misalnya, hal ini menyebabkan membukanya pori-pori kulit sehingga bulu mudah rontok. Selain itu kurangnya nutrisi pada saat mabung, dan sudah mengadu kacer pada saat bulu belum benar-benar tuntas mabung/ bulu belum kering juga menyebabkan bulu mudah rontok meskipun belum lama selesai masa mabung.

* Mabung tidak tuntas atau kurang maksimal
Perlu diketahui bahwa burung pada saat ganti bulu membutuhkan asupan kebutuhan yang cukup, jika kurangnya asupan kebutuhan nutrisi, dan mineral yang pastinya untuk menumbuhkan bulu-bulu baru menjadi kurang maksimal. Kadang bisa terjadi bulu nyerit, tumbuh tidak sempurna, bahkan habis bodol tapi bulu tidak kunjung kembali tumbuh. Jadi pada saat mabung berilah asupan kebutuhan burung kacer anda lebih dari takaran biasa. Selain dari asupan makanan atau minuman, mungkin vitamin tambahan bisa lebih membantu burung anda memenuhi kebutuhan sesuai yang burung butuhkan.


Mungkin kilasan berikut diatas merupakan sedikit masalah-masalah yang sering di jumpai dalam perawatan burung kacer. Bahkan selain diatas tentunya masih banyak masalah-masalah lain yang masih menjadi tanda tanya bagi para pecinta kacer. Karena masalah-masalah itulah yang mungkin bisa di sebut seni dalam memelihara burung kicau, kalau semua burung bisa bagus, mulus lancar sesuai keinginan yang kita harapkan, nanti juri bisa bingung memilih kacer-kacer dalam gantangan pastinya. Berikut link cara setting burung kacer

Semoga bermanfaat ,

0 komentar:

Post a Comment

Burung Kicau & Ayam hias. Powered by Blogger.